Tips Beli Sapi Kurban Agar Tidak Rugi

Tips-Beli-Sapi-Kurban-Agar-Tidak-Rugi

Sapi adalah salah satu jenis hewan ternak yang paling populer dan sering dijadikan hewan kurban di Indonesia.  Selain karena ukuran tubuh sapi yang besar, daging sapi juga terbilang cukup banyak daripada hewan kurban lainnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk beli sapi kurban dari jual sapi limosin, sebaiknya anda mencari tahu dulu mengenai syarat dan ketentuan sapi ternak yang boleh disembelih sesuai dengan syariat Islam. Hal ini sangat penting karena sebagai pembeli, Anda pasti ingin mendapatkan sapi kurban yang berkualitas dan tidak ingin rugi karena tertipu.

Tips Beli Sapi Kurban Agar Tidak Rugi

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan pada saat membeli sapi kurban.

1. Melihat kondisi sapi

Tips yang pertama ialah Anda harus melihat kondisi sapi kurban yang akan Anda beli secara langsung. Anda harus memastikan sapi tersebut dalam keadaan sehat dan tidak ada cacat sedikit pun di sekujur tubuhnya. Tips pertama ini adalah yang paling penting karena menurut syariat Islam, sapi kurban yang akan dibeli harus dalam kondisi sehat.

Pilihlah sapi kurban yang berbadan gemuk,  kondisi fisik bagus dan memiliki daging yang banyak.  Hindari untuk beli sapi kurban yang tanduknya patah atau yang sudah kehilangan giginya.

2. Memastikan usia sapi kurban

Kedua,  Anda harus memastikan berapa usia sapi ternak yang akan Anda beli.  Usia minimal sapi yang boleh dijadikan hewan kurban adalah 2 tahun.  Anda bisa melihat dari jumlah gigi seri yang sudah tumbuh pada sapi. Apabila terdapat sepasang gigi seri yang tumbuh, maka usia sapi sudah 2 tahun.

3. Meminta sertifikasi atau label kesehatan sapi

Ketiga, Anda bisa meminta sertifikasi sapi yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan setempat kepada penjual.  Poin ketiga ini cukup penting untuk menghindari apabila si penjual berniat untuk menipu Anda. Apabila sapi yang dijual tidak memiliki label kesehatan, Anda boleh mencari tempat lainnya untuk membeli sapi kurban.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk Anda semua.  Ingat!  Jangan sampai rugi saat berkurban, ya!