Menggunakan Teknologi Untuk Proses Pengelolaan Sampah

Menggunakan Teknologi Untuk Proses Pengelolaan Sampah

Teknologi pengolahan sampah akan sangat berpengaruh untuk kenyamanan dan kesehatan manusia. Bagaimana jika di suatu daerah atau tempat menerapkan teknologi pengelolaan sampah ini dengan tepat untuk dipakai dengan baik.

Seperti yang kita ketahui kalau sampah yang dibuang begitu saja akan mencemari lingkungan, menyebabkan efek tidak nyaman. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya penerapan dan penggunaan teknologi dalam pengelolaan sampah.

Ada beberapa teknologi yang bisa dilakukan antara lain ialah :

  1. Teknologi pembakaran atau incenerator

Hasil dari teknologi pembakaran ini nantinya ialah logam bekas atau uap yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

  1. Teknologi recycling atau daur ulang

Teknologi ini pada dasarnya akan merubah sampah yang bisa didaur ulang, menjadi barang yang lebih bermanfaat.

  1. Teknologi composting atau mengompos

Merupakan proses mengubah sampah organik menjadi kompos.

Teknologi pengelolaan sampah perkotaan

Mengelola sampah perkotaan menjadi tantangan tersendiri untuk pemerintah kota. Oleh karena itu, diperlukan adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat.

Disamping itu, pengelolaan sampah yang tepat untuk perkotaan ialah seperti menerapkan teknologi incenerator, recycling, dan composting seperti yang sudah dijelaskan diatas ya.

Teknologi pengelolaan sampah modern

Teknologi ini saat ini sedang berkembang pesat, para ahli pun terus berusaha untuk mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah sampah.  Salah satu pengelolaan sampah modern ialah dengan mengubah sampah organik manusia dan menjadikannya sumber energi.

Selain itu, implementasi teknologi hypotermal yang ramah lingkungan belum lama ini pun sudah digunakan. Teknologi ini akan membantu mengubah sampah menjadi bahan bakar batu bara, makanan ternak, dan pupuk.

Cara kerja dari teknologi ini ialah dengan memasukkan bahan mentah ke dalam mesin reaktor dan kemudian akan dilakukan proses penyuntikan uap jenuh. Kemudian dilakukan proses pengadukan selama kurang lebih 2 jam.

Setelah proses uap selesai, maka akan dihasilkan produk yang homogen atau sejenisnya yang dimana ini akan mempermudah proses pengeringan.

Dengan mengetahui beberapa teknologi pengelolaan sampah, semoga kita bisa lebih memilah sampah demi kebersihan lingkungan.