Manfaat Sampah Bagi Kehidupan

Manfaat-Sampah-Bagi-Kehidupan

Sampah adalah bagian yang tidak pernah terlepaskan dari siklus hidup manusia. Yang namanya sampah pasti akan selalu ada selama manusia masih melakukan aktifitas di dunia ini.

Sampah seharusnya memang bukan menjadi masalah bisa dikelola dengan benar. Namun saat ini yang terjadi adalah, banyak sampah yang tidak dikelola dengan benar sehingga banyak mengakibatkan hal negatif salah satunya adalah kerusakan lingkungan.

Padahal sampah pun bukan barang yang tidak ada nilainya, banyak sekali orang – orang yang bisa kaya karena hanya memanfaatkan sampah.

Dan memang orang – orang seperti ini tidak banyak jumlahnya. Hanya mereka yang tidak gengsi untuk mengelola sampahlah yang biasanya memang bisa memanfaatkan nilai ekonomi dari yang namanya sampah.

Nah agar sampah bisa digunakan dengan maksimal dan tidak merusak lingkungan, sebaiknya sampah bisa dimanfaatkan seperti di bawah ini:

  1. Jadikan sampah sebagai bahan dasar pupuk organik

Nah ini adalah yang paling sering diajarkan di sekolah – sekolah sejak kita masih kecil. Bahwa sampah organik itu bisa dijadikan sebagai pupuk kompos atau pupuk organik. Biasanya yang paling sering secara kontinyu menghasilkan yang namanya sampah organik adalah dapur rumah tangga.

Ya, apabila tiap rumah tangga mengumpulkan bekas sayuran atau bekas buah atau bekas lainnya dan tidak membuangnya begitu saja. Maka sampah – sampah tadi baiknya diberikan kepada tempat pengelolaan sampah atau tempat pembuatan pupuk organik.

Sehingga, selain kita tidak begitu saja mencemari lingkungan karena membuang sampah ke lingkungan, kita juga bisa mendapatkan nilai ekonomi karena telah menjual sampah organik kita ke tempat pembuatan pupuk kompos.

  1. Sampah organik sebagai pakan ternak.

Sampah organik juga banyak yang di jadikan sebagai pakan ternak. Seperti halnya yang tadi, bahwa sampah – sampah dapur rumah tangga sangat bisa digunakan sebagai pakan ternaknya.

Namun meskipun begitu, pastikan dulu bahwa sampah – sampah organik tersebut adalah sampah yang aman dan juga disukai oleh hewan – hewan ternak anda.

Tentu walaupun sampah organik apabila tidak disukai oleh hewan ternak anda, pasti ujung – ujungnya tidak akan dimakan.

  1. Jadikan sebagai kerajinan tangan

Kerajinan tangan juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sampah yang ada. Biasanya yang paling banyak bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan adalah sampah anorganik. Ya, sampah – sampah botol plastik, kemasan makanan, sampah kertas, atau sampah anorganik lainya, tentu sangatlah bisa untuk digunakan sebagai kerajinan tangan.

Sampah – sampah plastik bisa kamu sulap menjadi tas cantik atau dompet, atau juga bahkan taplak cantik juga bisa. Nah nantinya, kerajinan ini bisa kamu gunakan sendiri atau bahkan bisa juga kamu jual lagi.

Sudah banyak contoh – contoh figur yang bisa melakukan impor kerajinan tangan dari sampah sampai keluar negeri.

  1. Jadikan sampah ini sebagai wadah alternatif

Sampah – sampah yang berasal dari botol beling, lalu kaleng biskuit, dan barang – barang bekas lainnya, tentu bisa anda jadikan sebagai wadah alternatif untuk menaruh benda – benda lainnya. Dengan begitu, sampah – sampah di rumahmu bisa dimaksimalkan keberadaannya.

Nah itu adalah contoh pemanfaatan sampah yang bisa kamu praktekkan di rumahmu atau dimanapun kamu berada. Intinya adalah, jangan sampai sampah yang ada di rumah kita terbuang begitu saja ke lingkungan apalagi sampai mencemari.