Ini Dia Cara Supaya Isian Nasi Kotak Bisa Bertahan Lama

Nasi kotak yang kamu pesan biasanya akan datang di pagi hari atau beberapa jam sebelum acara dan jam makan dilangsungkan.

Beberapa menu makanan yang dipesan mungkin cenderung akan mudah basi, apalagi jika makanan yang berbahan sayuran dan santan.

Makanan nasi kotak basi sendiri bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain karena makanan yang sudah dibuat dari malam harinya, penyimpanan kurang higienis, atau bahan baku yang kurang baik. Berikut ini supaya nasi kotak bisa bertahan lama dan tidak mudah basi.

  1. Memilih menu yang tidak mudah basi

Menu makanan merupakan prioritas utama dalam isian nasi kotak. Namun di dalam beberapa kesempatan, ada menu yang kiranya tidak tepat jika harus menunggu lama sebelum disajikan dan hal ini sangat mungkin membuat makanan basi, terlebih jika kamu tidak bisa memperkirakan kapan kiranya makanan akan disajikan.

Solusinya kamu bisa memilih makanan yang digoreng jauh lebih tahan lama dibanding makanan yang direbus. Hindari menu dengan santan seperti opor ataupun sambel goreng ati karena makanan dengan santan juga cenderung cepat basi.

  1. Memisahkan nasi dengan lauk pauk

Biasanya di dalam nasi kotak sudah disediakan plastik pemisah antara lauk dan nasi. Namun masih ada kemungkinan makanan akan tercampur, terutama makanan yang berkuah. Santan yang bercampur dengan nasi juga akan membuat nasi cepat basi dan tidak enak.

Kamu bisa meminta pada penyedia nasi kotak yang kamu pilih untuk memisahkan makanan dalam plastik-plastik kecil. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kontaminasi makanan. Dengan demikian makanan menjadi tidak cepat basi.

  1. Wadah kedap udara

Nasi kotak biasanya disajikan dalam beberapa kemasan baik berupa kardus, styrofoam, atau ada juga plastik. Beberapa kemasan makanan memiliki pengeluaran udara yang berguna ketika makanan disiapkan saat masih dalam keadaan panas.

Namun percampuran udara ini pun bisa mempercepat terjadinya pembusukan makanan karena udara akan cenderung lebih mudah masuk.

  1. Menyimpan tumpukan nasi kotak

Setelah mendapatkan kiriman nasi kotak, kamu juga harus memperhatikan dimana tumpukan nasi kotak diletakkan.

Pastikan kalau lokasi penyimpanan jauh dari benda-benda atau sumber lain yang berpeluang mengeluarkan aroma tajam seperti kapur barus, pewangi ruangan, maupun pewangi lantai. Sebisa mungkin, letakkan tumpukan makanan di ruangan yang sejuk dan terdapat sirkulasi udara.

Ruangan yang panas dan lembab berpotensi membuat kontaminasi antara makanan dan bakteri berlangsung lebih cepat sehingga makanan yang kamu sediakan akan menjadi mudah basi.