Cara Pengelolaan Sampah di Rumah yang Benar Agar Terhindar Dari Virus Dan Bakteri

Cara pengelolaan sampah memanglah harus tepat dan sesuai agar sampah tidak memberikan dampak negatif pada kita. Banyak sekali dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh sampah dan pasti kita pun sudah menyadari hal tersebut.

Apalagi rumah tangga yang mana merupakan salah satu sumber penghasil sampah paling banyak. Mulai dari sampah organik hingga sampah anorganik semuanya ada di rumah tangga.

Maka dari itu, edukasi mengenai tata cara pengelolaan sampah rumah tangga memang harus selalu disebarkan supaya makin banyak orang yang lebih memperhatikan sampah di rumahnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh cara pengelolaan sampah di rumah yang paling efektif :

  1. Memisahkan sampah

Cara pertama yang harus dilakukan adalah harus memisahkan sampah yang ada di rumah. Jangan biasakan kita mencampur sampah.

Oleh karena itu kita harus memiliki minimal 2 tong sampah yaitu tong sampah untuk organik dan juga tong sampah untuk sampah anorganik.

Mulai dari sekarang usahakan sampah organik itu diisi oleh sampah seperti sayuran bekas, buah – buahan bekas, bekas cangkang telur, dan beberapa sampah organik lainnya.

Dan untuk tong sampah anorganik diisi oleh sampah kertas, kemasan makanan, bekas plastik, botol minuman, dll.

Dengan begini, sampah di rumahmu lebih tertib keluar masuknya. Dan membuangnya pun menjadi lebih mudah.

  1. Ajari anak sedini mungkin tertib buang sampah

Jika memang kita merasa sudah cukup terbiasa tertib buang sampah. Jangan lupa kita edukasi juga keluarga kita terutama anak yang mana mereka akan lebih mudah mengerti apabila kita edukasi secara langsung. Jika hal ini benar dilakukan, maka tentu keluarga di rumah pun akan terbiasa dengan budaya tertib buang sampah.

  1. Belajar daur ulang sampah

Sebetulnya pasti ada beberapa benda di rumah kita yang sudah tidak terpakai namun sebetulnya masih bisa digunakan kembali.

Misal saja pakaian bekas. Jika kita ingin, sebetulnya pakaian bekas pun bisa didaur ulang menjadi kain lap atau kain pel bahkan, dan kain untuk fungsi lainnya pun bisa.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu terapkan di rumahmu. Ayo pastikan kamu menerapkan budaya tertib buang sampah di rumah supaya lebih bersih dan nyaman lingkungan di rumahmu.